Header Ads

Main Catur itu Enaknya Ditonton


Ilustrasi diambil dari Google Images

Belakangan ini saya jadi hobi main catur gara-gara nemu aplikasi di windows 8 yang namanya 'The Chess Lv.100'. Jujur saja, dari 100 level, saya cuma bisa menang sampai level 27, selebihnya saya pasti kalah. Tapi lain ceritanya kalo saya bisa pencet tombol 'undo'. Sayangnya saya kalo main itu yang mode rating, jadi ga bisa undo.

Ngomongin tentang catur, jadi inget pas SMP (eh MTS ding). Waktu itu saya punya catur mini magnet yang dulu harganya sekitar 10ribuan. Papan catur itu selalu saya bawa ke sekolah (bahkan saya tinggal di kelas), jadi saya bisa main tiap saat dengan teman sebangku dan sekelas baik itu pada pagi hari, jam istirahat, dan bahkan pada saat pelajaran berlangsung!

Main catur iu emang enaknya ditonton. Pas MTS dulu, pernah punya rival catur yang statistiknya vs saya itu berimbang (sekitar 12 menang, 12 kalah, dan 1 remis). Saat duel dengannya, ada gengsi tersendiri ketika menang, dan juga rasa malu ketika kalah. Sebenernya ga cuma dengan dia sih saya ngerasa malu ketika kalah atau bangga ketika menang. Dengan siapapun saya ngerasain hal itu. tapi rasa itu lebih dalam lagi ketika ditonton oleh teman-teman. Biasanya ada yang nyorakin, ngasih tau langkah selanjutnya, nyuruh-nyuruh, dsb. Hal itu menambah kenikmatan tersendiri ketika bermain catur.

Sudah lama ga ngerasain hal itu, dan akhirnya di penghujung semester 5 kemarin ngerasain hal itu lagi. Tapi sepertinya catur sekarang sudah mulai mau punah. Kok jadi jarang ada yang main catur. Seperti halnya permainan Ludo, Halma, Ular Tangga, bahkan dam-daman. Apa boleh buat, hari terus berjalan dan harus ada yang ditinggalkan karena baanyak yang baru yang berdatangan. (@asarochi)

No comments

Powered by Blogger.