Header Ads

Apakah Pengetahuan Yang Kita Pelajari di Sekolah Benar-Benar Hilang?

Getty Images
Sekolah, masa paling gampang dapat hidup.

Ada yang bilang kalau kita sudah tidak ingat apa yang kita pelajari di sekolah. Seolah-olah apa yang kita lakukan selama kita sekolah itu sia-sia saja. Apakah benar bila kita benar-benar melupakan apa yang kita pelajari di sekolah?

Ketika saya coba memikirkan hal ini. Memang benar kita lupa sebagian besar apa yang kita pelajari di sekolah. Akan tetapi, apa yang kita pelajari di sekolahlah yang menjadikan kita sekarang ini. Selain itu, apa yang kita pelajari di sekolah tidak benar-benar hilang. 

Sebenarnya pengetahuan-pengetahuan yang hilang itu ada dalam subconscious mind (alam bawah sadar) kita. pengetahuan kita yang berada dalam subconcous mind ini bisa aktif lagi dan masuk dalam concious mind (alam sadar) kita bila ada clue yang bisa mengaktifkan pengetahuan ini. Sebagai contohnya ketika kita ditanya siapa raja Bali yang paling terkenal, kita mungkin tdak tahu. Akan tetapi, ketika ada orang yang menyebutkan Sri Candrabayasinga, kita mungkin ingat bahwa ia adalah raja Bali paling terkenal.

Apakah pengetahuan yang kita pelajari di sekolah benar-benar hilang? Jawabannya tidak. Akan tetapi pertanyaan yang lebih sesuai adalah "Apakah kita benar-benar belajar ketika kita sekolah?"

No comments

Powered by Blogger.