Header Ads

Cara menghafal yang super!! Metode Visualisasi




Terkadang ketika di jalan, kita mungkin menjumpai teman lama kita dan kita tidak bisa mengingat namanya. Mengapa kita bisa mengingat wajahnya tetapi tidak bisa mengingat namanya? Hal ini dikarenakan cara kerja otak kanan adalah Long term Memory (ingatan jangka panjang) sedangkan otak kiri adalah short term memory (Ingatan jangka pendek).
Oleh karena itu, ketika melihat sebuah kotak berwarna merah bertuliskan sesuatu, kita akan lebih mengingat kotak merah itu daripada tulisannya.

Ada suatu cara untuk menghafal yang menimbulkan kesan di otak kita sehingga kita tidak mudah melupakan apa yang kita hafal. Caranya adalah dengan memvisualisasikanya! 
Visualisasi berkaitan dengan otak kanan, jadi kita tidak mudah lupa

Misalnya saya ingin menghafal ciri-ciri kebudayaan.

CIRI-CIRI KEBUDAYAAN

(1). Bersifat historis.
(2). Bersifat geografis
(3). Bersifat perwujudan nilai-nilai tertentu.

Yang pertama saya lakukan untuk menghafalnya adalah memvisualisasikan kebudayaan sebagai suatu bola.


1. Bersifat Historis

Dalam pikiran saya, historis identik dengan tulang, oleh karena itu saya tambahkan tulang pada bola itu.


2. Bersifat geografis

Dalam pikiran saya, geografis identik dengan pohon, karena itu saya tambahkan pohon disekitarnya.


3. Bersifat perwujudan nilai-nilai tertentu.

Yang ini agak sulit, tergantung bagaimana kita memvisualisasikannya. Tetapi dalam pikiran saya, Bola ini sebelumnya adalah kerikil-kerikil yang bergabung menjadi bola.




Kenapa saya terus menyebutkan “dalam pikiran saya” ? karena kunci dari metode ini adalah dengan menyimbolkan sesuatu yang ingin kita hafal dengan berdasarkan pemikiran kita sendiri. Jadi, pada point 1 tidak harus selalu kita visualisasikan dengan tulang. Tergantung apa yang terpikir oleh kita.

Dan kemudian diurutkan supaya masuk akal (optional)



Semoga berhasil ^^

=======================================================================
 

edit. 

Belakangan ini saya baru tahu kalau teknik ini disebut teknik mnemonic.

No comments

Powered by Blogger.